PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2014 – 2017

Authors

  • Mutawakil Hasyim Universitas Sam Ratulangi
  • Sri Murni Universitas Sam Ratulangi
  • Joubert B. Maramis Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37010

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan terhadap kebijakan dividen secara persial dan simultan pada perusahaan manufaktur yang terdftar di bursa efek Indonesia periode 2014 – 2017 penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria tersebut ada 11 perusahaan yang di jadikan sampel penelitian. Analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil analisis menunjukan secara persial return on asset (ROA) dan debt to equity ratio (DER) berpengaruh negatif terhadap dividen payout ratio sementara Earning per share (EPS) dan Free cash Flow (FCF) bepengaruh negative terhadap dividen payout ratio sedangkan secara simultan Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), dan Free Cash Flow (FCF) tidak berpengaruh signifikan terhadap Dividen Payout ratio.

 

Kata Kunci: Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Earning Per Share (EPS), Free Cash Flow (FCF), dan Dividen Payout Ratio (DPR)

Author Biographies

Mutawakil Hasyim, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Sri Murni, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joubert B. Maramis, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-11-28