PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, KUALITAS PRODUK DAN EXPERIENTIAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK STREET BOBA MANADO

Authors

  • Rico F. Kasakeyan Universitas Sam Ratulangi
  • Hendra N. Tawas Universitas Sam Ratulangi
  • Jane G. Poluan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v9i4.37306

Abstract

Keputusan pembelian yang dilakukan konsumen atas suatu produk merupakan salah satu faktor keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Kualitas Produk Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba Manado. Keputusan pembelian adalah proses keputusan dimana pelanggan benar-benar memutuskan untuk membeli dan menikmati barang atau jasa diantara berbagai macam pilihan alternatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli produk Street Boba di Kota Manado yang berjumlah 6.017 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 98 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan electronic word of mouth secara parsial berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Experiential marketing secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian serta berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa electronic word of mouth, kualitas produk dan experiential marketing secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Street Boba di Kota Manado. Saran yang dapat diberikan adalah Street Boba sebaiknya semakin memperhatikan faktor electronic word of mouth agar semakin signifikan mempengaruhi keputusan pembelian, dan meningkatkan kualitas produk serta experiential marketing karena sangat signifikan mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci:  electronic word of mouth, kualitas produk dan experiential marketing, keputusan pembelian

Author Biographies

Rico F. Kasakeyan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Hendra N. Tawas, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Jane G. Poluan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2021-12-16