ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN PADA MINIMARKET INDOMARET DAN ALFAMART DI WILAYAH MAUMBI MINAHASA UTARA

Authors

  • Leonita E. Massa Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Rotinsulu J. Jorie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37532

Abstract

Salah satu bisnis ritel yang melayani kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Bisnis minimarket merupakan salah satu bisnis yang tergolong sebagai bisnis retail yang memiliki potensi besar. Kehadiran bisnis minimarket menawarkan alternatif untuk para konsumen yang membutuhkan produk namun tidak ditemukan di warung tradisional pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara kualitas pelayanan pada minimarket Indomaret dan Alfamart Wilayah Maumbi Minahasa Utara. Pengukuran kualitas pelayanan terhadap kedua objek penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat pengukuran kualitas pelayanan yang dikemukakan oleh Tjiptono yang di dalamnya terdapat 5 dimensi yaitu tangible, empathy, reliability, responsiveness, and assurance. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli di Indomaret dan Alfamart Wilayah Maumbi Minahasa Utara. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. adalah 100 orang pada Indomaret Wilayah Maumbi Minahasa Utara dan 100 orang pada Alfamart Wilayah Maumbi Minahasa Utara. Jenis Penelitian ini menggunakan penelitian komparatif yang bertujuan untuk melihat perbedaan dari variabel yang akan diuji dengan menggunakan analisis uji beda (Independent Sample t-Test). Hasil penellitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kualitas pelayanan pada pada minimarket Indomaret dan Alfamart Wilayah Maumbi Minahasa Utara. Indomaret Wilayah Maumbi Minahasa Utara perlu mempertahankan kualitas pelayanan yang ditetapkan oleh perusahaan agar konsumen merasa nyaman dan terus melakukan pembelian. Indomaret Wilayah Maumbi Minahasa Utara sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap konsumen yang membeli produk.

 

Kata Kunci: Kualitas pelayanan, Indomaret, Alfamart

Author Biographies

Leonita E. Massa, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Binsis, Jurusan Manajemen

Rotinsulu J. Jorie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-05