ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PABRIK TAHU DI JL. BATUKOTA BAWAH KECAMATAN MALALAYANG KOTA MANADO

Authors

  • Yunita Y. Tampi Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce S. L. H. V. Lapian Unversitas Sam Ratulangi
  • Rotinsulu J. Jorie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37533

Abstract

Tahu merupakan salah satu produk olahan kedelai yang mempunyai segmen pasar yang cukup luas. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai macam jenis tahu yang dijual dipasaran seperti: tahu sumedang, tahu isi, dan perkedel tahu. Proses pembuatan tahu sangat sederhana dan mudah sehingga banyak dilakukan oleh industri rumah tangga. Namun karena banyak dilakuakan oleh pengusaha kecil, kuailitas dan kuantitas produk akhir (tahu) tidak stabil. Proses pembuatan tahu skala rumah tangga umumnya masih dilakukan dengan cara tradisional atau manual terutama pada proses pemerasan sari kedelai. Tahu merupakan salah satu usaha kecil menengah berbahan baku kedelai yang banyak dijumpai di beberapa daerah. Mulai dari perkotaan sampai di pedesaan, industri pembuatan tahu mulai dikembangkan. Di Jl. Batu Kotabawah  Lingkungan IV Kecamatan Malalayang Kota Manado memiliki 6 (enam) pabrik tahu tepatnya salah satu usaha pembuatan pabrik tahu Sumiati sudah berdiri sejak tanggal 28 juni 2016 sampai saat ini.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan. Metode analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Kualitas Produk dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, secara simultan, tetapi secara parsial Harga tidak berpengaruh. Sebaiknya untuk Pabrik Tahu Sumiati agar mempertahankan dan meningkatkan lagi Kualitas produknya lagi sehinggan produk tersebut akan lebih banyak diketahui oleh konsumen dan mudah di ingat, serta pelayang dan informasinya kemudian daripada itu adalah keunggulan-keunggulan dari produk tersebut seperti daya tahan dan variasi dari produk tersebut.

Kata Kunci : Kualitas produk, harga, loyalitas pelanggan

Author Biographies

Yunita Y. Tampi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joyce S. L. H. V. Lapian, Unversitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Rotinsulu J. Jorie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-05