ANALISIS SEGMENTASI DEMOGRAFI DAN PSIKOGRAFI PADA TOKO RAPS ID

Authors

  • Alfa Sumeke Universitas Sam Ratulangi
  • Joyce S. L. H. V. Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S. R. Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37680

Abstract

Salah satu faktor dalam memenangkan persaingan pasar adalah perusahaan harus memiliki strategi marketing, salah satu strategi marketing adalah segmentasi demografis dan segmentasi psikografis. Di era globalisasi saat ini, pelaku usaha harus mampu untuk bisa mengaplikasikan strategi pemasaran yang efektif agar target dapat tercapai. Raps_Id salah satu usaha yang tingkat pemasarannya merosot turun saat pemerintah menerapkan PSBB untuk proses pencegahan Wabah Covid-19. Maka dari itu, dengan strategi pasar yang tepat dapat menunjang tujuan usaha yang dijalankan. Keberhasilan usaha dilihat dari bagaimana pelaku usaha merencanakan strategi pemasarannya dengan baik agar bisa meningkatkan penjualannya.Toko Raps Id merupakan salah satu distributor yang menjual produk pakaian mulai dari anak usia remaja hingga orang dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat strategi pemasaran segmentasi demografi dan segmentasi psikografi pada toko Raps Id. Metode penelitian ini ialah penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan segmentasi demografis dan segmentasi psikografi yang menyebabkan keputusan pembelian dari pelanggan untuk berbelanja di Raps Id.

Kata Kunci: Segmentasi demografi, psikografi

Author Biographies

Alfa Sumeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Joyce S. L. H. V. Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurussan Manajemen

Sjendry S. R. Loindong, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-10