PENGARUH CELEBRITY ENDORSMENT, BRAND AWARENESS DAN LIFESTYLE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SCARLETT WHITENING KOTA MANADO

Authors

  • Zulkifli Duwila Universitas Sam Ratulangi
  • Agus Supandi Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda Ogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.37777

Abstract

Peningkatan pembelian produk oleh konsumen merupakan salah satu bentuk keberhasilan strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis Pengaruh Celebrity Endorsment,  Brand Awareness  Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado. Keputusan pembelian adalah proses keputusan dimana pelanggan benar-benar memutuskan untuk membeli dan menikmati barang atau jasa diantara berbagai macam pilihan alternatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli produk scarlett whitening di Kota Manado yang berjumlah 1500 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling dan rumus slovin. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 94 orang responden.  Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan celebrity endorsment secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Brand awareness secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Lifestyle berpengaruh positif tidak signifikan terhadap keputusan pembelian serta berdasarkan pengujian simultan ditemukan bahwa celebrity endorsment, brand awareness dan lifestyle secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado. Saran yang dapat diberikan adalah scarlett whitening sebaiknya semakin memperhatikan faktor celebrity endorsement, brand awareness dan lifestyle karena sangat signifikan mempengaruhi keputusan pembelian.

Kata Kunci:  Celebrity endorsment, brand awareness, lifestyle, keputusan pembelian

Author Biographies

Zulkifli Duwila, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Agus Supandi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Imelda Ogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-11