ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KARTU INDOSAT OOREDOO DI DESA KANEYAN KECAMATAN TARERAN

Authors

  • Omega P. Warere Universitas Sam Ratulangi
  • Yunita Mandagie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.38667

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna kartu Indosat Ooredoo di Desa Kaneyan Kecamatan Tareran baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan metode kuantitatif dengan sampel sebanyak 272 responden dan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data statistik menggunakan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 20,238 lebih besar dari F tabel 3,02, yang berarti secara simultan terdapat pengaruh pada kualitas produk (X1) dan harga (X2) terhadap kepuasan pelanggan pengguna kartu Indosat. Secara parsial terlihat bahwa semua variabel bebas berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, yaitu variabel kualitas produk (X1) sebesar 2,144 lebih besar dari T tabel sebesar 1,968 dan harga (X2) sebesar 5,328 lebih besar dari nilai T tabel 1,968.

Kata Kunci: Kualitas produk, harga dan kepuasan pelanggan

Author Biographies

Omega P. Warere, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Binsis, Jurusan Manajemen

Yunita Mandagie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-01-24