Analisis Strategi Pemasaran Jasa Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari Untuk Meningkatkan Jumlah Nasabah

Authors

  • Marcellino Sandy Mikhael Korengkeng Universitas Sam Ratulangi
  • willem J. F. A Tumbuan universitas sam ratulangi
  • Raymond Ch Kawet universitas sam ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i1.39504

Abstract

Strategi pemasaran merupakan salah satu hal penting dalam menjamin produk atau jasa dari satu perusahaan digunakan oleh masyarakat. Bank sebagai salah satu lembaga keuangan resmi juga memperhitungkan strategi pemasaran jasa keuangan dalam meningkatkan jumlah nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas dan efisiensi strategi pemasaran jasa Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari untuk meningkatkan jumlah nasabah. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif dengan analisis SWOT dan sampel penelitian adalah gabungan karyawan dan nasabah bank ini sebanyak 175 responden. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari berada pada kuadran I (satu) yaitu growth, dimana kuadran tesebut merupakan situasi yang sangat menguntungkan. Manajemen Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kartika Matuari harus menambah tenaga marketing, terutama pada bagian pembiayaan nasabah dan mempertahankan nasabah yang sangat berpotensi.

Author Biography

Marcellino Sandy Mikhael Korengkeng, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas ekonomi dan bisnis, manajemen

Downloads

Published

2022-03-30