MARKETING MIX PENGARUHNYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. MANADO SEJATI PERKASA GROUP

Authors

  • Djamaluddin Karim Universitas Sam Ratulangi
  • Jantje L. Sepang Universitas Sam Ratulangi
  • Bode Lumanauw Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.4006

Abstract

Pemasaran merupakan pendorong untuk meningkatkan penjualan sehingga tujuan perusahaan dapat tercapai, dalam melaksanakan aktivitas pemasaran, setiap perusahaan berupaya untuk menetapkan strategi pemasaran dan target market-nya. Strategi pemasaran tersebut adalah strategi tentang bauran pemasaran (marketing mix). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh produk, harga, promosi dan tempat terhadap peningkatan volume penjualan pada perusahan PT. Manado Sejati Perkasa Group. Metode penelitian adalah asosiatif yang bertujuan untuk menguji pengaruh antar variabel, dan pengambilan data menggunakan survey. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dan analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk, promosi, harga dan tempat secara simultan dan parsial berpengaruh terhadap volume penjualan. Hasil uji menunjukan tempat merupakan variabel yang dominan dalam penelitian ini. Saran yang dapat penulis berikan sebagai berikut: Manajemen PT. Manado Sejati Perkasa Group sebaiknya memberikan perhatian pada strategi promosi dan tempat untuk meningkatkan volume penjualan dan melakukan evaluasi terhadap strategi produk dan harga yang kurang memberikan kontribusi terhadap peningkatan volume penjualan agar keseluruhan strategi pemasaran dapat memberikan kontribusi yang optimal.

Kata kunci:produk, harga, promosi, tempat, volume penjualan

Author Biographies

Djamaluddin Karim, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Jantje L. Sepang, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Bode Lumanauw, Universitas Sam Ratulangi

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-03-05