ANALISIS FAKTOR – FAKTOR KEBERHASILAN CITRALAND WATERPARK DI KOTA MANADO

Authors

  • Tessa T. T. Tumewan Universitas Sam Ratulangi
  • Lisbeth Mananeke Universitas Sam Ratulangi
  • Mirah H. Rogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40518

Abstract

Keberhasilan suatu usaha ditentukan dari kemampuan perusahaan dalam melakukan penetapan harga, promosi dan lokasi perusahaan. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor – faktor keberhasilan Citraland Waterpark di Kota Manado. Bauran pemasaran sebagai serangkaian variabel pemasaran terkendali yang dipakai oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dikendalikan perusahaan, dari pasar sasarannya, bauran pemasaran terdiri atas segala hal yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempengaruhi permintaan produknya, yang dikenal dengan “empat Pâ€, yaitu product, price, Place, dan Promotionâ€. Penelitian ini menggunakan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Citraland Waterpark Kota Manado. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan rumus Tabachnick dan Fidel. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 74 orang responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan Harga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan. Promosi secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keberhasilan. Lokasi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan. Harga, promosi dan lokasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap terhadap keberhasilan pada Citraland Waterpark Manado. Citraland Waterpark Manado harus semakin melakukan penetapan harga yang sesuai dan memperluas daerah promosi serta menyediakan fasilitas dalam menunjang keberadaan lokasi yang mudah diakses dan memberi rasa nyaman kepada pengujung.

Kata Kunci:  Keberhasilan, Harga, Promosi dan Lokasi

Author Biographies

Tessa T. T. Tumewan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Lisbeth Mananeke, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Mirah H. Rogi, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-04-23