ANALISIS SWOT SEBAGAI LANDASAN DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN RELASIONAL (STUDI KASUS BENGKEL BRO AUTO CARE)

Authors

  • Christian Jantje Caesar Pongajouw Universitas Sam Ratulangi
  • Altje L. Tumbel Universitas Sam Ratulangi
  • Fitty Valdi Arie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.40845

Abstract

Melalui analisis SWOT perusahaan dapat melihat Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threat), tidak terkecuali untuk usaha bengkel analisis SWOT sangat diperlukan dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan maupun mendapatkan pelanggan baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan merancang strategi pemasaran relasional dalam menjaga hubungan baik antara pelanggan dan bengkel Bro Auto Care berdasarkan Analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi relasional yang diterapkan oleh bengkel Bro Auto Care sudah cukup efektif, dan peneliti merancang strategi pemasaran,relasional,untuk,direkomendasikan,jadi dalam hal ini dapat dimanfaatkan oleh Bro Auto Care agar mendapat banyak pelanggan baru maupun dapat meningkatkan kepuasan terhadap pelanggan yang loyal.



Kata kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran Relasional

Author Biographies

Christian Jantje Caesar Pongajouw, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Jurusan Manajemen

Altje L. Tumbel, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Fitty Valdi Arie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-04-28