PERANAN DIMENSI KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI RUMAH KOPI GLORI-A KAWANGKOAN
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.40867Abstract
Abstrak:Â Perkembangan bisnis saat ini disebabkan oleh perubahan pola pikir manusia yang dinamis. Dengan dasar inilah kegiatan pasar sangat dibutuhkan oleh organisasi maupun perusahaan sebagai ujung tombak bagi kehidupannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan pelanggan di rumah kopi glori-a kawangkoan baik secara simultan maupun parsial. metode penelitian ini Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda, dimana jumlah populasi adalah 300 orang dan sampel sebanyak 45 responsen. Dari hasil uji secara simultan diperoleh tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di rumah kopi glori-a kawangkoan, tangible secara parsial tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, reliability secara parsial tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, responsiveness secara parsial tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, assurance secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, emphaty secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Kata kunci:Â Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Kepuasan Pelanggan.