MOTIVASI DAN PERSEPSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KFC CABANG BOULEVARD MANADO

Authors

  • Feydi Hilda Lelet Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.1.2014.4180

Abstract

Keputusan pembelian konsumen, antara lain dipengaruhi oleh motivasi dan persepsi. Motivasi  merupakan keadaan dalam diri seseorang yang mendorong keinginannya untuk melakukan kegiatan guna mencapai suatu tujuan. Persepsi merupakan proses yang digunakan seseorang untuk memilih, mengorganisasi, dan menginterpretasi masukan informasi guna menciptakan gambaran dunia yang memiliki arti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah motivasi dan persepsi berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian pada Restoran KFC Cabang Manado Boulevard. Populasi penelitian sebanyak 750 konsumen Restoran KFC Cabang Manado Boulevard dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan motivasi dan persepsi secara simultan maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada Restoran KFC Cabang Manado Boulevard. Sebaiknya pihak manajemen Restoran KFC memberikan perhatian pada motivasi dan persepsi dengan menyediakan berbagai stimulus yang mempengaruhi konsumen untuk terus mencari serta menggunakan produk yang disediakan, sehingga konsumen tidak mudah berpindah ke produk pesaing.

Kata kunci: motivasi, persepsi, keputusan pembelian

Author Biography

Feydi Hilda Lelet, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-04-04