PENGARUH KELENGKAPAN PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA FRESHMART SUPERSTORE BAHU MANADO DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Treyssi Sonia Wongkai Jacobus Sam Ratulangi University
  • Bode Lumanauw Sam Ratulangi University
  • Raymond Ch Kawet Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.42492

Abstract

Kelengkapan produk, harga, dan promosi merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena paling sensitif mendasari konsumen untuk memilih tempat belanjanya khususnya di tengah masa pandemi COVID-19 seperti saat ini. Konsumen cenderung memilih tempat yang menawarkan produk lengkap dan harga yang sesuai dengan manfaat yang diperoleh serta dengan melakukan promosi, masyarakat akan semakin mengenal barang ataupun jasa yang kita berikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Freshmart Superstore Bahu Manado di masa pandemi covid-19 baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang memiliki kartu member Freshmart Superstore. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 responden dengan menggunakan metode accidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan F, dan koefiesien determinasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan promosi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kelengkapan produk, harga, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pada Freshmart Superstore Bahu Manado.

Kata Kunci : Kelengkapan Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian

Downloads

Published

2022-10-06