PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KEBAHAGIAAN DI TEMPAT KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN TOMOHON

Authors

  • Julifia Nadya Tumbol Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43722

Abstract

Dalam pencapaian tujuan perusahaan, sumber daya manusia atau karyawan mempunyai peran yang sangat 

penting. Karyawan yang memiliki sikap organizational citizenship behavior, memiliki kepuasan dalam bekerja, memiliki 

komitmen organisasi yang tinggi dan bahagia saat bekerja akan memberikan kontribusi yang besar bagi pencapaian tujuan 

perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kebahagiaan 

di tempat kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan 

Tomohon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. PLN 

(Persero) Unit Layanan Pelanggan Tomohon yang berjumlah 49 orang. Sampel yang digunakan adalah 49 orang dengan 

menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan 

software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan kepuasan kerja, komitmen organisasi dan 

kebahagiaan di tempat kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Secara parsial, menunjukkan 

kepuasan kerja dan komitmen organisasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap organizational citizenship 

behavior, sedangkan kebahagiaan di tempat kerja berpengaruh dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior.

Author Biography

Julifia Nadya Tumbol, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-10-06