PENGARUH KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASI, DAN KEBAHAGIAAN DI TEMPAT KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN PT. PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN TOMOHON
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43722Abstract
Dalam pencapaian tujuan perusahaan, sumber daya manusia atau karyawan mempunyai peran yang sangat
penting. Karyawan yang memiliki sikap organizational citizenship behavior, memiliki kepuasan dalam bekerja, memiliki
komitmen organisasi yang tinggi dan bahagia saat bekerja akan memberikan kontribusi yang besar bagi pencapaian tujuan
perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja, komitmen organisasi dan kebahagiaan
di tempat kerja terhadap organizational citizenship behavior pada karyawan PT. PLN (Persero) Unit Layanan Pelanggan
Tomohon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan PT. PLN
(Persero) Unit Layanan Pelanggan Tomohon yang berjumlah 49 orang. Sampel yang digunakan adalah 49 orang dengan
menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan
software SPSS versi 22. Hasil penelitian ini secara simultan menunjukkan kepuasan kerja, komitmen organisasi dan
kebahagiaan di tempat kerja berpengaruh terhadap organizational citizenship behavior. Secara parsial, menunjukkan
kepuasan kerja dan komitmen organisasi tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap organizational citizenship
behavior, sedangkan kebahagiaan di tempat kerja berpengaruh dan signifikan terhadap organizational citizenship behavior.