PENGARUH VARIASI PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN DAN KOPI CHAMAR KAWANGKOAN
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43760Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu pengaruh dari variable variasi produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah 210 orang yang pernah datang di Rumah Makan dan Kopi Chamar Kawangkoan dan sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 68 orang yang dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinearitas, dan dan analisis regresi linear berganda, uji korelasi, uji F dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa semua variable variasi produk, harga dan promosi berpengaruh secara simultan atau Bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Secara parsial varasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial harga berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial promosi berpengaruh positif siginifikan terhadap keputusan pembelian. Saran untuk pihak Rumah makan dan kopi chamar kawangkoan agar tetap meningkatkan setiap variable-variabel yang diteliti oleh peneliti ini agar dapat membuat usahanya lebih maju lagi di masa yang akan datang.
Kata Kunci: variasi produk, harga, promosi, keputusan pembelian.