PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA APLIKASI PLN MOBILE PELANGGAN PT.PLN (PERSERO) UNIT LAYANAN PELANGGAN TOMOHON

Authors

  • Gloria Ribka Lengkey Universitas Sam Ratulangi
  • Silvya. L Mandey Universitas Sam Ratulangi
  • Djurwati Soepono Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43763

Abstract

Promosi dan Kualitas Pelayanan Elektronik merupakan hal penting dalam memperoleh kepuasan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh promosi dan kualitas pelayanan elektronik terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan PT.PLN ULP Tomohon yang telah menggunakan Aplikasi PLN Mobile yaitu sebanyak 11.828. teknik penentuan sampel menggunakan cluster random sampling dengan jumlah responden sebanyak 99 dihitung menggunakan rumus slovin. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) promosi tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan karena  nilai t hitung lebih kecil dari t tabel sebesar 1,351 (2) variabel kualitas pelayanan elektronik mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel sebesar 8,663 (3) hasil uji simultan variabel promosi dan kualitas pelayanan elektronik mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai F hitung sebesar 62,198. Disarankan kepada PT.PLN ULP Tomohon agar terus meningkatkan promosi dengan melakukan penyebaran di beberapa titik serta terus melakukan upgrade aplikasi sehingga kualitas pelayanan semakin baik.

 

Kata Kunci: promosi, kualitas pelayanan =eElektronik dan kepuasan, pelanggan

Author Biographies

Silvya. L Mandey, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Djurwati Soepono, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Downloads

Published

2022-10-05