ANALISIS SWOT DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK REVLON DI MATAHARI MANADO TOWN SQUARE

Authors

  • Nadya Sari Ibrahim Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman, serta strategi pemasaran yang tepat dalam meningkatkan penjualan pada Revlon Matahari Manado Town Square dengan menggunakan metode analisis SWOT. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk menggambarkan keadaan di lapangan. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel supervisor dan dua karyawan. Hasil penelitian dengan analisis SWOT yang melalui tahap matriks EFE, IFE, SWOT kualitatif dan SWOT kuantitatif, bahwa nilai IFE=3,25 dan EFE=3,41 sehingga berada pada kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif maka dari itu jenis-jenis strategi yang sesuai untuk Revlon Matahari Manado Town Square adalah strategi penetrasi pasar, pengembangan produk, integrasi belakang, integrasi ke depan, integrasi horizontal dan disversifikasi. Selain itu, Revlon Matahari Manado Town Square harus meningkatkan tingkat promosi cabang agar mampu meningkatkan penjualan produk.

Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Matriks IFE, Matriks EFE

Author Biography

Nadya Sari Ibrahim, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-10-07