PENGARUH STRATEGI PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN ONLINE SHOP GEMINI.LUXURY)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43786Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variable promosi melalui media sosial, dan electronic word of mouth terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah 3.474 orang yang menjadi pengikut akun Instgram Gemini.luxury dan sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 98 orang yang dihitung menggunakan rumus slovin. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji korelasi, uji f dan uji t. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variable promosi melalui media sosial berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Electronic word of mouth berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Variable promosi melalui media sosial dan electronic word of mouth berpengaruh secara simultan atau bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Saran untuk pihak online shop Gemini.luxury agar tetap meningkatkan setiap variable-variabel yang diteliti oleh peneliti ini agar dapat membuat usahanya lebih maju lagi di masa yang akan dating.
Kata Kunci: Promosi, Media sosial, electronic word of mouth, peputusan pembelian