PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERUSAHAAN CONSUMER NON-CYCLICALS

Authors

  • Dini Dwicahyani
  • Paulina Van Rate
  • Arrazi Bin Hasan Jan

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43790

Abstract

Melihat tingginya persaingan perusahaan di Indonesia membuat setiap pelaku usaha berlomba-lomba untuk meningkatkan nilai perusahaan. Tingginya nilai perusahaan akan diikuti dengan kemakmuran nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari: leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional terhadap nilai perusahaan consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017 sampai tahun 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor consumer non-cyclicals yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017 sampai tahun 2020. Metode penelitian menggunakan metode asosiatif. Dengan data yang diambil dari Bursa Efek Indonesia (BEI) dan IDN Financial pada perusahaan sektor consumer non-cyclicals dimana laporan diambil dari tahun 2017 sampai 2020  yaitu 4  tahun terakhir. Hasil pengujian menunjukkan bahwa: ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage, profitabilitas, ukuran perusahaan, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.

 

Kata Kunci: Nilai perusahaan, leverage, ukuran perusahaan

Downloads

Published

2022-10-07