PENGARUH PRODUK WISATA, PERSEPSI HARGA DAN ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI CAMP JAMES REMBOKEN

Authors

  • Stella Kalalo Universitas Sam Ratulangi
  • Silcyljeova Moniharapon Universitas Sam Ratulangi
  • Fitty Valdi Arie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43800

Abstract

Kabupaten Minahasa adalah salah satu kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di kota Tondano. Dengan berkembangnya industri pariwisata tentunya memberikan dampak terhadap ekonomi, sosial dan budaya di negara, provinsi, maupun daerah tersebut secara langsung begitu juga di Kabupaten Minahasa yang terus meningkatkan objek wisata yang ada dan tentunya ada beberapa faktor yang digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang ada. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Produk Wisata, Persepsi Harga dan Electronic Word of Mouth terhadap Keputusan Berkunjung di Camp James Remboken baik secara simultan maupun parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi adalah seluruh wisatawan yang pernah berkunjung di Camp James. Pengumpulan data melalui survey rata-rata pengunjung selama 3 bulan sebesar 17.109 diambil sebanyak 100 responden. Metode pengambilan data menggunakan accidental sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel Produk Wisata, Persepsi Harga dan Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap keputusan berkunjung di Camp James Remboken, namun secara parsial Persepsi Harga tidak berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung.

Kata Kunci: produk wisata, persepsi harga, electronic word of mouth, keputusan berkunjung.

Author Biographies

Stella Kalalo, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Silcyljeova Moniharapon, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Fitty Valdi Arie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-10-12