PENGARUH CITRA MEREK, KESADARAN MEREK, DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PRODUK SARI ROTI (STUDI PADA MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN ANGKATAN 2018 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS SAM RATULANGI)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43802Abstract
Kehidupan bisnis di Indonesia tidak terlepas dari adanya persaingan yang ketat. Setiap perusahaan berlomba-lomba untuk dapat menarik, menjaga, dan meningkatkan konsumen. Di tengah pasar yang serba kompetitif ini, merek mempunyai peranan penting bagi kelangsungan hidup sebuah perusahaan. Merek dengan ekuitas merek yang tinggi adalah asset yang sangat berharga karena memberi perusahaan banyak keunggulan kompetitif. Oleh karena itu pengetahuan tentang elemen-elemen ekuitas merek dan pengukurannya sangat diperlukan untuk menyusun langkah strategis dalam meningkatkan eksistensi yang akhirnya dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. Elemen-elemen pembentuk ekuitas merek diantaranya adalah citra merek, kesadaran merek, dan loyalitas merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, kesadaran merek, dan loyalitas merek terhadap ekuitas merek pada produk Sari Roti dikalangan Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018. Penelitian ini menggunakan penelitian asosiatif dengan jenis pendekatan kuantitatif. Menggunakan sampel sebanyak 80 responden dan analisis data dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Loyalitas Merek berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas Merek pada produk Sari Roti. Sedangkan secara parsial Citra Merek, Kesadaran Merek, dan Loyalitas Merek berpengaruh signifikan terhadap Ekuitas Merek pada produk Sari Roti.
Kata Kunci: citra merek, kesadaran merek, loyalitas merek, ekuitas merek