PENGARUH DUKUNGAN SELEBRITI DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PRODUK KOSMETIK MAYBELLINE DI KOTA MANADO

Authors

  • Cristina Emaeli Pangemanan Universitas Sam Ratulangi
  • S.L.H.V Joyce Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Emilia M. Gunawan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43805

Abstract

Pertumbuhan kosmetik di Indonesia semakin berkembang sangat pesat. Banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang menggeluti bidang kosmetik dikarenakan Indonesia merupakan salah satu industri pasar kosmetik yang cukup besar. Maybelline merupakan produk kecantikan yang memiliki citra merek yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dukungan selebriti dan promosi online terhadap keputusan pembelian secara online produk Kosmetik Maybelline di Kota Manado. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang yang sudah pernah melakukan pembelian secara online produk kosmetik Maybelline, Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Secara parsial dukungan selebriti berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online, Promosi online berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online, Dukungan selebriti dan promosi online berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online kosmetik Maybelline di kota manado

Kata Kunci : dukungan selebriti, promosi online, keputusan pembelian secara online

Author Biographies

S.L.H.V Joyce Lapian, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Emilia M. Gunawan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-10-12