PENGARUH DUKUNGAN SELEBRITI DAN PROMOSI ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SECARA ONLINE PRODUK KOSMETIK MAYBELLINE DI KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43805Abstract
Pertumbuhan kosmetik di Indonesia semakin berkembang sangat pesat. Banyak perusahaan dan pelaku bisnis yang menggeluti bidang kosmetik dikarenakan Indonesia merupakan salah satu industri pasar kosmetik yang cukup besar. Maybelline merupakan produk kecantikan yang memiliki citra merek yang baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dukungan selebriti dan promosi online terhadap keputusan pembelian secara online produk Kosmetik Maybelline di Kota Manado. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 97 orang yang sudah pernah melakukan pembelian secara online produk kosmetik Maybelline, Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan Secara parsial dukungan selebriti berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online, Promosi online berpengaruh terhadap keputusan pembelian secara online, Dukungan selebriti dan promosi online berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian secara online kosmetik Maybelline di kota manado
Kata Kunci : dukungan selebriti, promosi online, keputusan pembelian secara online