PENGARUH MEDIA SOSIAL, CELEBRITY ENDORSER, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PRODUK MS GLOW DI KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43806Abstract
Perkembangan produk kosmetik akhir-akhir ini berkembang dengan pesat. Hal ini terlihat semakin banyak bermunculan jenis produk kosmetik yang ditawarkan oleh para produsen baik jenis produk kosmetik impor maupun yang diproduksi di dalam negeri sendiri. Membanjirnya produk kosmetik di pasaran memepengaruhi minat seseorang terhadap pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Media Sosial, Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli konsumen. Jenis penelitian ini adalah asosiatif pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 94 responden dihitung menggunakan rumus Slovin dan menggunakan pengambilan sampel teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda sedangkan uji hipotesis menggunakan uji F dan Uji t. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah SPSS versi 24. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara simultan Media Sosial, Celebrity Endorser dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Ms Glow. Secara persial Media Sosial dan Celebrity Endorser tidak berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Perusahaan sebaiknya memperluas penelitian dengan menambah faktor-faktor lain selain media sosial, celebrity endorser dan kualitas produk yang dapat mempengaruhi minat beli.
Kata kunci: media sosial, celebrity endorser, kualitas produk, minat beli