PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN J.CO DONUT & COFFEE MANADO TOWN SQUARE DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Gledys Sompie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43827

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan, populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah berkunjung di J.CO Donuts and Coffee Manado, dan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus ROA purba dan didapatkan responden sebanyak 96 orang. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji koefisien  determinasi, uji F, dan uji t. hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara parsial Harga berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Secara parsial Kualitas Pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan. Berdasarkan uji koefisien dan uji determinasi dikatahui Harga dan Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh sebesar 40,7% terhadap Loyalitas Pelanggan. Saran untuk J.CO Donuts and Coffee Manado Town Square dapat memperhatikan faktor-faktor seperti Harga dan kualitas pelayanan lewat merumuskan strategi-strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan Loyalitas Pelanggan dalam rangkat meningkatkan volume penjualan.

 

Downloads

Published

2022-10-25