PENGARUH INOVASI PRODUK DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DI KECAMATAN KAUDITAN PADA MASA PANDEMIC COVID-19

Authors

  • Veronica Y. Wuisan
  • S.L.V.H. Joyce Lapian Sam Ratulangi University
  • Merlyn M. Karuntu Sam Ratulangi University

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43857

Abstract

Abstrak:  Pada masa pandemic covid-19 inovasi produk dan digital marketing merupakan suatu strategi pemasaran yang penting dalam mengembangkan suatu UMKM.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan digital marketing terhadap perkembangan UMKM di Kecamatan Kauditan pada masa pandemic Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan alat analisis data SPSS 21. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Kauditan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pembagian kuesioner via  Google Form. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi produk (X1) dan digital marketing (X2) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM (Y), dan secara parsial inovasi produk (X1) dan digital marketing (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perkembangan UMKM (Y).

 

Kata Kunci: Inovasi Produk, Digital Marketing, Perkembangan UMKM

Downloads

Published

2022-10-18