Pengaruh Kualitas Jasa,Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Bank BRI di Kota Manado

Authors

  • Linriavita Asan Universitas Sam Ratulangi
  • James D.D. Massie Universitas Sam Ratulangi
  • Willem J. F. Alfa Tumbuan Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43872

Abstract

Loyalitas pelanggan memiliki peran penting dalam sebuah perusahaan atau organisasi, mempertahankan pelanggan berarti meningkatkan kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Hal ini menjadi alasan utama bagi sebuah perusahaan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Yang menjadi pertimbangan utama perusahaan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan adalah karena semakin mahalnya biaya perolehan pelanggan baru dalam iklim kompetisi yang semakin ketat. Selain itu dalam konteks bisnis, loyalitas dijelaskan sebagai keinginan pelanggan untuk terus berlangganan pada perusahaan dalam jangka waktu yang panjang, dan merekomendasikan produk atu jasa tersebut kepada teman dan kolega. Hal tersebut tentunya juga berlaku bagi Bank Rakyat Indonesia (BRI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Jasa, Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah secara simultan terhadap Loyalitas Nasabah Bank Rakyat Indonesia (BRI) Manado. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil uji hipotesis ditemukan bahwa secara simultan Kualitas Jasa, Kepercayaan, dan Kepuasan Nasabah berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Nasabah, namun secara parsial kualitas jasa dan kepuasan tidak berpengaruh terhadap Loyalitas Nasabah. Untuk Bank BRI di Kota Manado untuk lebih meningkatkan lagi kualitas jasa dan kepuasan nasabah sehingga faktor tersebut dapat menjadi faktor pendukung untuk meningkatkan loyalitas nasabah. Kemudian untuk faktor Kepercayaan agar tetap di pertahankan kualitasnya agar tetap tercipta loyalitas nasabah yang baik.

 

Kata Kunci: kualitas jasa, kepercayaan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah

Author Biographies

James D.D. Massie, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Willem J. F. Alfa Tumbuan, Universitas Sam Ratulangi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-10-18