PENGARUH HARGA DAN PROMOSI PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI TAMAN LAUT BUNAKEN
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43873Abstract
Sektor pariwisata di Indonesia khususnya dan Dunia umumnya telah berkembang pesat. perkembangan sektor tersebut tidak hanya berdampak pada peningkatan penerimaan devisa negara, namun juga telah mampu memperluas kesempatan berusaha dan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat dalam mengatasi pengangguran di daerah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan berkunjung wisatawan taman laut bunaken. jenis penelitian ini menggunakan asosiatif kuantitatif dan teknik analisis regresi linear berganda, dimana jumlah sampel sebanyak 40 responden di tentukan berdasarkan Sugiyono (2009:129). dari hasil uji secara simultam harga dan promosi berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung, dan harga secara parsial berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan taman laut buaken, promosi secara parsial tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung wisatawan taman laut bunaken.
Kata Kunci: harga, promosi, keputusan berkunjung, parawisata