PENGARUH DIFERENSIASI PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH KOPI SINGGAH SAYANG TOMOHON

Authors

  • Hizkia Kawengian Sam Ratulangi University
  • Bode Lumanauw
  • Djemly Woran

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43879

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh diferensiasi produk dan promosi terhadap keputusan pembelian. Populasi dalam penelitian ini adalah semua orang yang pernah berkujung dan membeli di Rumah Kopi Singgah Sayang Tomohon, dan sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 96 orang. Analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji multikolinearitas dan analisis regresi linear berganda, uji koefisien korelasi dan determinasi, uji F dan uji T. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel diferensiasi produk dan promosi berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Secara parsial diferensiasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Diferensiasi produk dan promosi berpengaruh sebesar 43,2 % terhadap keputusan pembelian saran untuk Rumah Kopi Singgah Sayang untuk dapat memperhatikan faktor-faktor seperti diferensiasi produk dan promosi untuk merumuskan strategi-strategi yang akan digunakan untuk meningkatkan keputusan pembelian pelanggan.

 

Kata Kunci : Diferensiasi produk, promosi, keputusan pembelian

Downloads

Published

2022-10-18