ANALISIS PERBANDINGAN KUALITAS PELAYANAN ANTARA HOTEL SUTAN RAJA DAN HOTEL NOVOTEL MANADO

Authors

  • Sindy Natra Sesilia Matu
  • Bode Lumanauw
  • Rudy Wenas

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43897

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan antara bukti fisik, empati, keandalan, daya tanggap, dan jaminan di Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung di Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado. Besarnya sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin. adalah 94 orang di Hotel Sutanraja dan 95 orang di Hotel Novotel Manado. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif komparatif. Penelitian komparatif adalah penelitian yang bersifat membandingkan. Hasil penellitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara bukti fisik di Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado, terdapat perbedaan yang signifikan antara empati di Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado, terdapat perbedaan yang signifikan antara keandalan di Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado, terdapat perbedaan yang signifikan antara daya tanggap di Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado, dan terdapat perbedaan yang signifikan antara jaminan di Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado. Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado perlu mempertahankan kualitas pelayanan yang ditetapkan oleh perusahaan agar pelanggan merasa nyaman dan terus melakukan pembelian. Hotel Sutanraja dan Hotel Novotel Manado sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengunjung.

Downloads

Published

2022-11-01