ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN CAFÉ KOPI SOE DI MANADO

Authors

  • Peter Claudio Musa sangkay Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Willem J. F. A. Tumbuan
  • Shinta J. C. Wangke

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43917

Abstract

Kepuasan konsumen adalah satu aspek penting dalam menjamin suatu bisnis food and beverage tetap berjalan dan dipengaruhi oleh Harga, Kepercayaan, Ketepatan Waktu, Fasilitas, Komunikasi, Promosi, Lokasi, Variasi Produk, Citra Perusahaan, Pengalaman Konsumen, Suasana, Fokus Pada Konsumen, Waktu Tunggu, Emosional, Kemudahan, People, Hiburan, Risiko, Sistem Penanganan Komplain dan Jaminan dan terlihat pada pengelolaan Cafe Kopi Soe di Kota Manado. Penelitian ini bertujuan untuk menerangkan komponen-komponen apa yang terbentuk dari kedua puluh variabel tersebut yang mempengaruhi kepuasan konsumen Cafe Kopi Soe di Kota Manado dan satu komponen dengan pengaruh terbesar untuk kepuasan tersebut. Analisis data menggunakan metode Analisis Faktor dan sampel penelitian adalah 110 konsumen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Enam komponen yang mempengaruhi kepuasan konsumen Cafe Kopi Soe di Kota Manado adalah Preferensi Konsumen, Fitur-fitur Tambahan Produk/Jasa, Fitur-fitur Spesifik Produk/Jasa, Penilaian Konsumen, Konsep Pemasaran Perusahaan dan Psikologis Konsumen dan Preferensi Konsumen adalah komponen dengan pengaruh terbesar untuk kepuasan mereka. Pihak pengelola Cafe Kopi Soe di Kota Manado harus mempertahankan dan meningkatkan pengaruh semua variabel tersebut terhadap kepuasan konsumen dan komponen-komponen yang terbentuk dan memperhitungkan faktor-faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.

 

Kata Kunci: variabel pembentuk kepuasan konsumen, kepuasan konsumen, analisis faktor, komponen kepuasan konsumen

Author Biography

Peter Claudio Musa sangkay, Universitas Sam Ratulangi Manado

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2022-10-25