PENGARUH PROMOSI, TESTIMONI PELANGGAN TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN HP SAMSUNG DI MARKETPLACE FACEBOOK (STUDI KASUS PADA TOKO MOZAMART MANADO)

Authors

  • Revalda Milenia Tololiu Universitas Sam Ratulangi
  • Ferdy Roring Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43934

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kondisi masa pandemi Covid-19 membuat banyak orang menggunakan teknologi untuk berinteraksi salah satunya berbelanja secara online. Perdagangan jual beli bisa dilakukan dengan mudah salah satunya menggunakan Marketplace Facebook. Oleh sebab itu, produsen harus mampu bersaing dengan meningkatkan promosi dan testimoni yang nyata terhadap konsumen untuk menarik minat beli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan testimoni pelanggan terhadap minat beli konsumen di Marketplace Facebook. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan, observasi, wawancara dan kuesioner. Objek dalam penelitian ini yaitu Toko Mozamart Manado, yang diambil sampel sebanyak 100 responden. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik Simple Random Sampling. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji F diketahui variabel promosi dan testimoni pelanggan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Berdasarkan hasil uji t, secara parsial promosi berpengaruh positif tetapi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli dan testimoni pelanggan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli.

 

Kata Kunci: promosi, testimoni pelanggan, minat beli konsumen

Downloads

Published

2022-11-03