Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien RSUP Prof. Dr. R. D Kandou Manado
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43935Abstract
Pelayanan kesehatan telah menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat karena kesehatan dinilai sangat berharga dan sesuatu yang mahal. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendukung kesehatan seseorang salah satunya dengan menyediakan sarana kesehatan yaitu rumah sakit. Rumah sakit harus mampu memberikan pelayanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan kesehatan pasien. Kesembuhan pasien merupakan harapan besar dari setiap rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan dan fasilitas terhadap kepuasan pasien pada RSUP Prof. Dr. R.D. Kandou Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Pengumpulan data yang dilakukan adalah kuesioner yang dibagikan kepada 100 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, citra perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien, dan fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien. Dan hasil secara simultan kualitas pelayanan, citra perusahaan dan fasilitas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, citra perusahaan, fasilitas, kepuasan pasien