PENGARUH E-WORD OF MOUTH DAN CITRA WISATA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG PADA WISATA PANTAI FIRDAUS KECAMATAN KEMA
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43961Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh e-word of mouth dan citra wisata terhadap minat berkunjung pada wisata Pantai Firdaus Kecamatan Kema. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengunjung wisata Pantai Firdaus Kecamatan Kema, sampel penelitian ini adalah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara yang diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji t , uji F dan koefisien determinasi. Hasil regresi linier berganda Y = 2,644 + 0,244X1 + 0,498X2. Hasil penelitian ditemukan bahwa secara parsial e-word of mouth berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung, secara parsial citra wisata berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung dan secara simultan e-word of mouth dan citra wisata berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung pada wisata Pantai Firdaus Kecamatan Kema. Nilai R- Square sebesar 0,771 atau 77,1% dimana variable e-word of mouth dan citra wisata berkontribusi terhadap minat berkunjung sebesar 77,1% sedangkan sisanya sebesar 22,9 % dipengaruhi variable lain.
Kata Kunci: E-Word of Mouth, Citra Wisata dan Minat Berkunjung