PERANAN DIGITAL MARKETING DAN LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KULINER TINUTUAN DI KOTA MANADO

Authors

  • Regina Trifena Saerang
  • Shinta Jeanette Camelia Wangke
  • Emilia Margareth Gunawan

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43966

Abstract

 Usaha kuliner unggulan dari Sulawesi Utara yang merupakan makanan khas Manado, salah satunya adalah Tinutuan atau Bubur Manado. Faktor  yang  penting  bagi  bisnis  usaha kuliner, khususnya  dimasa  post-pandemi  ini  adalah  inovasi  dalam  strategi  pemasaran  yang dilakukan  sehingga  produk  kuliner  yang  ditawarkan  kepada  masyarakat  sesuai  dengan kebutuhan pasar sasaran yang dituju. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa peran dari pemasaran digital dan layanan jasa pesan antar terhadap peningkatan penjualan pada usaha kuliner Tinutuan di Kota Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan dari Digital Marketing dan Online Food Delivery terhadap penjualan. Sedangkan secara parsial Digital Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan, dan Online Food Delivery berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Hasil ini dapat menjadi masukan bagi para pelaku UMKM Kuliner Tintuan di Kota Manado untuk menggunakan jasa mitra penyedia layanan pesan antar, demi peningkatan penjualan yang berkelanjutan.

Kata Kunci: digital marketing, online food delivery, penjualan, UMKM

Downloads

Published

2022-11-15