PERANAN DIGITAL MARKETING DAN LAYANAN ONLINE FOOD DELIVERY TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN USAHA KULINER TINUTUAN DI KOTA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43966Abstract
Usaha kuliner unggulan dari Sulawesi Utara yang merupakan makanan khas Manado, salah satunya adalah Tinutuan atau Bubur Manado. Faktor yang penting bagi bisnis usaha kuliner, khususnya dimasa post-pandemi ini adalah inovasi dalam strategi pemasaran yang dilakukan sehingga produk kuliner yang ditawarkan kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhan pasar sasaran yang dituju. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa peran dari pemasaran digital dan layanan jasa pesan antar terhadap peningkatan penjualan pada usaha kuliner Tinutuan di Kota Manado. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh secara simultan dari Digital Marketing dan Online Food Delivery terhadap penjualan. Sedangkan secara parsial Digital Marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap penjualan, dan Online Food Delivery berpengaruh signifikan terhadap penjualan. Hasil ini dapat menjadi masukan bagi para pelaku UMKM Kuliner Tintuan di Kota Manado untuk menggunakan jasa mitra penyedia layanan pesan antar, demi peningkatan penjualan yang berkelanjutan.
Kata Kunci: digital marketing, online food delivery, penjualan, UMKM