Analisis Kinerja Keuangan Koperasi Pada Koperasi Konsumen Tokosa Sahabat Sejati Kota Gunungsitoli

Authors

  • Insaf Rizalt Putra Gulo Universitas Nias
  • Maria Magdalena Bate’e Universitas Nias
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43970

Abstract

Menganalisis laporan keuangan bertujuan untuk mengetahui baik buruknya keadaan keuangan koperasi yang mencerminkan  prestasi kerja dalam periode tertentu. Untuk mengetahui kinerja keuangan suatu koperasi dapat dilihat dari Laporan Keuangan, Neraca, Laporan Laba Rugi, dan Laporan Arus Kas. Untuk menilai kinerja keuangan perlu yang namanya Analisis Rasio Keuangan yaitu, Rasio Likuiditas, Rasio Aktivitas, dan Rasio Profitabilitas. Teknik analisis yang digunakan oleh penulis yaitu Peraturan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Nomor 06/per/M.KUKM/V/2006 Tanggal 1 Mei 2006 tentang Pedoman Penilaian Koperasi Berprestasi atau Koperasi Award.

 

Berdasarkan hasil pengamatan pada Koperasi Konsmen Tokosa Sahabat Sejati Kota Gunungsitoli, secara umum dari tahun ke tahun mengalami pertumbuhan yang kurang baik, berdasarkan data aktiva, hutang dan modal koperasi setiap periode terjadi penurunan pada periode tertentu, hal ini disebabkan oleh tingkat kesadaran anggota dalam keaktifan melunasi simpanan wajib dan tidak lancar dalam pembayaran kredit.

 

Kendala lainyang ada pada Koperasi Konsumen Tokosa Sahabat Sejati Kota Gunungsitoli yaitu belum pernah dilakukan perhitungan kinerja keuangan, setiap tahunnya pengurus koperasi hanya membuat laporan pertanggungjawaban tahunan yang berisikan neraca dan sisa hasil usaha saja. Seharusnya perlu untuk melakukan analisis keuangan berupa rasio keuangan agar dapat melihat kinerja keuangan koperasi tersebut sehat atau tidak sehat. Jenis penelitian yang digunakan penulis yaitu Riset Deskriptif Kuantitatif.

Kata Kunci : Analisis Kinerja Keuangan Koperasi.

Downloads

Published

2022-11-28