PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI CV. GOLDEN MART KOTA GUNUNGSITOLI

Authors

  • Marianus Gulo Universitas Nias
  • Kurniawan S. Zai Universitas Nias
  • Natalia. K. Lase

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43972

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di CV. Golden Mart Kota Gunungsitoli. Kualitas pelayanan adalah segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan guna memenuhi harapan pelanggan. Kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat penting bagi tiap-tiap unsur bisnis ataupun usaha untuk mencapai tujuan utamanya yaitu memenuhi kepuasan pelanggan. Oleh karena itu,  kepuasan menjadi salah satu penentu  dan perhatian utama dari perusahaan untuk menarik perhatian para pelanggan mereka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan yang berbelanja di CV. Golden Mart Kota Gunungsitoli dan sampel yang digunakan adalah sebanyak 40 orang responden. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel yaitu variabel bebas (X) yakni Kualitas Pelayanan dan variabel terikat (Y) yakni Kepuasan Pelanggan. Dari hasil perhitungan koefisien determinan diperoleh persentase sebesar 92,2% variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan di CV. Golden Mart Kota Gunungsitoli.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan dan kepuasan Pelanggan

Downloads

Published

2022-11-22