Analisis Net Profit Margin Pada Pt Unilever Indonesia Tbk (Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Pada Bursa Efek Indonesia)

Authors

  • Mart Peterson Daeli Universitas Nias
  • Maria Magdalena Bate'e Universitas Nias
  • Yakin Niat Telaumbanua Universitas Nias

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.43983

Abstract

Net Profit Margin (NPM) merupakan sebuah rasio profitabilitas yang difungsikan untuk menilai tingkat keberhasilan keseluruhan penjualan dari suatu perusahaan. Rasio net profit margin merupakan sebuah rasio yang sering dipergunakan dalam menilai tingkat kinerja perusahaan dalam memperoleh profitabilitas, rasio NPM sangat efektif karena dalam penggunaanya perusahaan dapat mengetahui laba bersih yang dihasilkan dalam suatu periode tertentu. Jika NPM yang dihasilkan tinggi, maka dapat dikatakan bahwa perusahaan telah mengelola dan mengoperasikan biaya perusahaan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis net profit margin PT Unilever Indonesia pada tahun 2017 sampai tahun 2021. Metode yang dipergunakan yaitu metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa net profit margin yang dihasilkan pada tahun 2018 merupakan range tertinggi bila dibandingkan pada tahun 2017,2019,2020 dan 2021.

Kata Kunci: Net Profit Margin (NPM)

Downloads

Published

2022-11-29