Analisis Kualitas Layanan PD Pasar Manado di Pasar Bersehati serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44005Abstract
PD Pasar Kota Manado mengelola pasar tradisionalyang ada di kota Manado sebanyak 6 unit pasar. Kualitaspelayanan dalam pemasaran menjadi sebuah aspek pentingyang harus selalu diperhatikan dalam optimalisasipelaksanaan kegiatan transaksi produk maupun sebuah usahajasa. Orientasi pasar merupakan budaya organisasi yang dimana menempatkan prioritas tertinggi pada superior customer value. Salah satu penyebab pentingnya konsep servicescape adalah keterkaitannya dengan pemuasankebutuhan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh orientasi pasar terhadap kualitaslayanan di PD Pasar Manado, untuk mengetahui pengaruh serviscape terhadap kualitas layanan di PD Pasar Manado dan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar dan serviscape secara bersama-sama terhadap kualitas layanan di PD Pasar Manado. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakankusioner penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian iniadalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkanbahwa (1) Orientasi Pasar berpengaruh signifikan terhadapKualitas Layanan PD Pasar Manado, (2) Serviscapeberpengaruh signifikan terhadap Kualitas Layanan PD Pasar Manado dan (3) Orientasi Pasar dan Serviscape berpengaruhsignifikan terhadap Kualitas Layanan PD Pasar Manado. Saran yang dapat diberikan yaitu penting bagi pihak PD Pasar Manado agar memperhatikan Orientasi Pasar dan Serviscapeyang menjadi determinan Kualitas Layanan
Kata Kunci: orientasi pasar, serviscape, kualitas layanan