PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN INDIHOME PADA PLASA TELKOM NIAS

Authors

  • Ernasari Zega Universitas Nias
  • Nov Elhan Gea Universitas Nias
  • Ratna Natalia Mendrofa Universitas Nias

Abstract

Strategi pemasaran merupakan upaya mencari posisi pemasaran yang menguntungkan dalam suatu industri persaingan yang berlangsung. Strategi pemasaran, yaitu: strategi tentang Marketing Mix, yaitu Price (harga) dimana jumlah uang yang dibebankan untuk produk atau layanan jumlah nilai yang ditukar pelanggan, Product (produk) dimana kemampuan produk Indihome dalam memperagakan fungsi sebagai transportasi yang pengukurannya diindikasikan melalui bentuk kesesuaian dan ketahanan, Promotion (promosi) dimana kegiatan yang dilakukan oleh Plasa  Telkom Nias untuk menginformasikan mempengaruhi dan membujuk serta meningkatkan pelanggan akan produk Indihome, dan Places (distribusi) dimana produk Indihome ditempatkan di lokasi yang membutuhkan layanan jaringan internet. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi pemasaran dan penjualan Indihome pada Plasa Telkom Nias. Peneliti juga menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan melakukan penyebaran angket atau kuesioner kepada 65 responden. Pada hasil perhitungan kuesioner tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa variabel X (strategi pemasaran) dan variabel Y (penjualan) memiliki standar deviasi sebesar 2,730 dan 1,953 dimana melebihi ambang signifikansi 0,05, sehingga pada strategi pemasaran dan penjualan memiliki hubungan yang saling terkait atau berkorelasi dan tetap dapat memenuhi kebutuhan pelanggan sekarang ini.

 

Kata Kunci: strategi, pemasaran, penjualan

Downloads

Published

2022-11-30