ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA BAGATE COFFEE SELAMA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rosary Mekel Sam Ratulangi University
  • Frederik G. Worang Universitas Sam Ratulangi
  • Fitty V. Arie Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44028

Abstract

Bisnis apapun dapat menggunakan analisis SWOT kapan saja untuk menilai kondisi lingkungan yang berubah-ubah dan meresponnya secara proaktif, yang bermanfaat sebagai strategi penentu masa depan dalam keberlangsungan bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman, serta strategi pemasaran dan bisnis sistem yang tepat dalam meningkatkan volume penjualan pada Bagate Coffee dengan menggunakan metode analisis SWOT.Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif karena bertujuan untuk menggambarkan keadaan di lapangan.Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan sampel supervisor dan empat karyawan. Hasil penelitian dengan analisis SWOT yang melalui tahap matriks EFE, IFE, SWOT kualitatif dan SWOT kuantitatif, bahwa nilai IFE=3,29 dan EFE=2,91 sehingga berada pada kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif maka dari itu jenis-jenis strategi yang sesuai untuk Bagate Coffee adalah market penetration strategy, product development strategy dan backward integration strategy. Selain itu, bisnis sistem yang cocok diterapkan pada Bagate Coffee adalah traditional system. Bagate Coffee harus lebih aktif mengelola sosial media sebagai media promosi, menjaga estetika desain ruangan dan memanfaatkan lahan yang ada.

 

Kata Kunci : Analisis SWOT, Matriks IFE, Matriks EFE, Bisnis Sistem

Downloads

Published

2022-11-28