CITRA MEREK, EKUITAS MEREK, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PRODUK INDOMIE DIKECAMATAN MALALAYANG 1 BARAT MANADO

Authors

  • Zera Harahap Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Jopie J. Rotinsulu Universitas Sam Ratulangi Manado

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4423

Abstract

Citra merek, ekuitas merek, dan kualitas pelayanan yang baik adalah asset yang sangat berharga untuk menghasilkan konsumen yang loyal terhadap produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, ekuitas merek, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen produk mie Instan Indomie dari Indofood. Penelitian dilaksanakan di Malalayang 1 Barat. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan asosiatif dan teknik analisis menggunakan regresi linear berganda, uji hipotesis secara simultan dan parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan citra merek, ekuitas merek, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Secara parsial citra merek, dan ekuitas merek berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen dan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lemah terhadap loyalitas konsumen, maka sebaiknya dalam meningkatkan kualitas pelayanan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk., membuka konter-konter khusus yang menjual indomie melalui program promosi perusahaan dengan tujuan untuk meningkatkan interaksi langsung dengan para konsumen, dan manajemen sebaiknya meningkatkan kualitas pelayanan dengan senantiasa melakukan perencanaan pemasaran perusahaan.

Kata kunci : citra merek, ekuitas merek, kualitas pelayanan, loyalitas konsumen

Author Biographies

Zera Harahap, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Agus Supandi Soegoto, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Jopie J. Rotinsulu, Universitas Sam Ratulangi Manado

Jurusan Manajemen

Downloads

Published

2014-04-28