PENGARUH DISKON HARGA, LIFESTYLE DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA MOBIL MEREK TOYOTA CALYA DI PT. HASJRAT ABADI CABANG MANADO

Authors

  • Meylani Nadia Pasuhuk Universitas Sam Ratulangi
  • Agus Supandi Soegoto Universitas Sam Ratulangi
  • Michael Ch. Raintung Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui diskon harga, lifestyle, relationship marketing berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen dalam membeli mobil merek Toyota Calya di PT. Hasjrat Abadi cabang Manado. Dalam penelitin ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para responden penelitian, untuk sampel yang digunakan dalam pebelitian ini berjumlah 67 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS versi 26. Hasil analisis secara deskriptif menunjukkan bahwa Diskon Harga (X1), Lifestyle (X2) dan Relationship Marketing (X3) merupakan faktor-faktor yang dianggap baik oleh responden dalam meningkatkan keputusan pembelian. Hasil regresi analisis regresi berganda dan pengujian secara simultan (uji f) menunjukan bahwa variabel Diskon Harga (X1), Lifestyle (X2) dan Relationship Marketing (X3) memiliki nilai yang signifikan, sehingga berpengaruh positif dan signifikan.

Downloads

Published

2022-12-13