ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI KANTOR IMIGRASI KELAS 1 TPI MANADO

Authors

  • Gabriella Dwi Sabatini
  • Willem J.F.A Tumbuan Universitas Sam Ratulangi
  • Sjendry S.R Loindong Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.44325

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan parsial dari tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) terhadap Kepuasan Konsumen (Y) yang melakukan pengajuan permojonan pembuatan dokumen perjalanan (Paspor) di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang datang ke Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado dengan jumlah sampel sebanyak 100. Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian Asosiatif dengan teknik penarikan sampel menggunakan meotde purposive sampling . Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan cara pengambilan keputusan uji parsial dalam analisis regresi dapat disimpulkan yaitu Variabel Kualitas Pelayanan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dan cara pengambilan keputusan uji simultan dalam analisis regresi dapat disimpulkan yaitu Variabel Kualitas Pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado.

Author Biography

Gabriella Dwi Sabatini

im a student of University of Sam Ratulangi

Downloads

Published

2023-01-17