KOMUNIKASI, PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN UNTUK MENINGKATKAN CITRA PT. PLN (PERSERO) AREA MANADO
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.2.2.2014.4438Abstract
PT. Â PLN (Persero) Tbk, merupakan satu-satunya perusahaan penghasil listrik dan mengelolanya untuk memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat di Indonesia. Sebagai satu-satunya perusahaan penyedia listrik di tanah air, PLN berusaha untuk selalu memelihara citra perusahaan salah satunya dengan meningkatkan komunikasi, promosi, dan kualitas layanan. Citra adalah kesan, perasaan, gambaran diri publik terhadap perusahaan; kesan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu obyek, orang atau organisasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh komunikasi, promosi dan kualitas layanan baik secara simultan maupun parsial terhadap citra. Metode penelitian adalah asosiatif dengan teknik analisis regresi linier berganda. Pemilihan sampel menggunakan metode Judgement sampling, sebanyak 100 responden dari populasi 315.000 pelanggan PT. PLN Area Manado. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan komunikasi, promosi, dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap citra. Secara parsial promosi tidak berpengaruh terhadap citra. Komunikasi dan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap citra. PT. PLN Area Manado sebaiknya memperhatikan komunikasi dan kualitas layanan karena terbukti mempunyai pengaruh terhadap citra, sehingga terbentuknya hubungan yang baik antara pihak perusahaan dan pelanggan.
Kata kunci: komunikasi, promosi, kualitas layanan, citra