Analisis Pengaruh Relationship Marketing, Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Net Coffee n Resto Langowan)

Authors

  • Natalia Reva Sumual Universitas Sam Ratulangi
  • Rudy Steven Wenas Universitas Sam Ratulangi
  • Raymond Ch Kawet Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44392

Abstract

Dalam menjalankan usaha Café untuk bisa bertahan dalam menghadapi persaingan yang ketat, maka penting untuk memperhatikan keinginan pelanggan dan perubahan yang terjadi pada pelanggan agar pelaku usaha bisa memenuhi keinginan pelanggan tersebut untuk memuaskan pelanggan. Faktor penting dalam membangun sebuah bisnis adalah kepuasan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh relationship marketing, store atmosphere dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan sampel yang berjumlah 99 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dengan alat analisis SPSS versi 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relationship marketing, store atmosphere dan kualitas layanan secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Net Coffe & Resto sebaiknya terus meningkatkan relationship marketing, store atmosphere dan kualitas layanan untuk kedepannya.

Downloads

Published

2022-12-13