Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Jaringan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jaringan Indihome di PT. Telkom Langowan (Studi Kasus di Desa Manembo)

Authors

  • Brenda Tumangkeng Universitas Sam Ratulangi
  • S. L. H. V. Joyce Lapian Universitas Sam Ratulangi
  • Reitty L. Samadi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Jaringan dan Kepercayaan terhadap kepuasan pelanggan pengguna jaringan Indihome di PT. Telkom Langowan terlebih khusus pelanggan yang ada di Desa Manembo. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif, dengan responden sebanyak 40 responden. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji statistik yang digunakan adalah uji instrumen, uji normalitas, uji koefisien korelasi, uji parsial, uji simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Kualitas Produk, Kualitas Jaringan dan Kepercayaan secara Parsial berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Begitu pula secara Simultan Variabel Kualitas Produk, Kualitas Jaringan dan Kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan.

Downloads

Published

2022-12-13