PENGARUH BRAND EXPERIENCE DAN AFFECTIVE COMMITMENT TERHADAP BRAND LOYALTY (STUDI PADA NASABAH BANK BTPN DI MANADO)
DOI:
https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44476Abstract
Loyalitas merek (brand loyalty) merupakan suatu konsep yang sangat penting, khususnya pada kondisi pasar dengan tingkat pertumbuhan yang sangat rendah namun persaingannya semakin ketat saat ini, keberadaan konsumen yang loyal pada merek sangat dibutuhkan agar perusahaan dapat bertahan hidup dan upaya mempertahankan ini sering menjadi strategi yang jauh lebih efektif dibandingkan upaya menarik pelanggan-pelanggan baru. Disamping itu membangun sebuah merek bukanlah pekerjaan yang mudah, upaya yang dilakukan untuk melahirkan dan membesarkan merek memerlukan biaya dan tenaga yang tidak sedikit, bahkan sering memerlukan kesabaran dan waktu yang cukup panjang untuk menciptakan merek yang bernilai tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Brand Experience dan Affective Commitment terhadap Brand Loyalty pada Nasabah Bank BRI di Manado. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian di temukan bahwa baik secara simultan ataupun parsial brand experience dan affective commitment berpengaruh signifikan terhadap brand loyality. Untuk Bank BRI di Manado agar lebih memperhatikan terkait faktor-faktor Brand Experience dan Affective Commitment yang ada sehingga dapat membuat nasabah di dalam perusahaan menjadi lebih loyal terhadap brand yang mereka gunakan
Kata Kunci: brand experience, affective commitment, brand loyalty