EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI BAURAN PEMASARAN PADA WISATA RELIGIUS BUKIT KASIH KANONANG MINAHASA DALAM MENGHADAPI NEW NORMAL

Authors

  • Melisa Kaveeta Kojongian Universitas Sam Ratulangi
  • Willem.J.F.A Tumbuan Universitas Sam Ratulangi
  • Imelda .W.J. Ogi Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44515

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis strategi bauran pemasaran 4P (product) produk, (price) harga, (place) tempat, (promotion) promosi di Wisata Bukit Kasih Kanonang Minahasa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode wawancara. Subjek penelitian yaitu 160 orang pengunjung Bukit Kasih, dan dari hasil wawancara 160 orang ini dipilih lagi 20 orang yang melakukan kunjungan pada Bukit Kasih lebih dari satu kali. Diperoleh simpulan bahwa, Efektivtas Strategi Bauran Pemasaran 4P pada wisata Bukit Kasih Kanonang dapat ditarik kesimpulan bahwa Strategi Bauran Pemasaran Produk pada wisata Bukit Kasih Kanonang saat ini tidak Efektiv, Strategi Bauran Pemasaran Produk pada wisata Bukit Kasih Kanonang saat ini sudah Efektiv, Strategi Bauran Pemasaran Tempat pada wisata Bukit Kasih Kanonang saat ini sudah Efektiv, strategi bauran pemasaran Promosi pada wisata Bukit Kasih Kanonang saat ini tidak Efektiv. Kedua, Efisiensi Strategi Bauran Pemasaran 4P pada wisata Bukit Kasih Kanonang, disimpulkan bahwa strategi Bauran Pemasaran Produk pada wisata Bukit Kasih Kanonang saat ini tidak efisien, Strategi Bauran Pemasaran Harga pada wisata Bukit Kasih Kanonang saat ini tidak efisien, Strategi Bauran Pemasaran Tempat pada wisata Bukit Kasih Kanonang saat ini sudah efisien, Strategi Bauran Pemasaran Promosi pada wisata Bukit Kasih Kanonang saat ini tidak efisien, dan dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran sangat berperan penting dalam kemajuan wisata Bukit Kasih Kanonang.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Efisiensi, Bauran Pemasaran 4P (Produk, Harga, Tempat, Promosi).

Downloads

Published

2022-12-23