PENGARUH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN SUB SEKTOR TELEKOMUNIKASI YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2014-2021

Authors

  • Grace Kristy Herung Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Paulina Van Rate
  • Lucky O. H. Dotulong

DOI:

https://doi.org/10.35794/emba.v10i4.44598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kepemilikan Institusional dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Sub Sektor Telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode 2014-2021. Penelitian ini menggunakan jenis data asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel sebanyak 4 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian uji secara parsial menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV), Likuiditas (CR) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV), Solvabilitas (DER) berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV), dan Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV). Uji simultan menunjukkan bahwa Kepemilikan Institusional, Likuiditas (CR), Solvabilitas (DER), dan Profitabilitas (ROA) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV).

 

Kata kunci: kepemilikan institusional, likuiditas (CR), solvabilitas (DER), profitabilitas (ROA), nilai perusahaan (PBV)

Downloads

Published

2023-01-06